Latest News

Sosialisasi Vaksin Bagi Anak Usia 6-11 Tahun Kecamatan Pringapus


Kabupaten Semarang-Danpos Koramil 15/Bergas, Kodim 0714/Salatiga, Serma Laksono  melaksanakan Sosialisasi Vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 sampai 11 yang dilaksanakan di Lantai dua  Aula puskesmas Pringapus, Selasa (27/12).

Sosialisasi ini membahas tentang rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kepada anak usia 6-11 tahun, terutama untuk anak-anak siswa siswi SD Negeri di wilayah kecamatan Pringapus.

Kepala puskesmas Pringapus dr Ade Nurmaya menyampaikan bahwa, sosialisasi rencana vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun perlu dilakukan, dengan tujuan agar pihak sekolah dapat memberikan pemahaman kepada anak dan orang tua tentang vaksinasi yang sudah teruji aman dan halal. Sehingga diharapkan, pihak sekolah dan orang tua dapat memotivasi anak untuk ikut vaksin.

"Salah satu bentuk imunisasi adalah dengan pemberian vaksin. Vaksin ini merupakan suatu antigen atau benda asing yang dimasukkan ke dalam tubuh untuk menghasilkan reaksi kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu. Misalnya vaksin flu untuk mencegah penyakit flu dan vaksin Covid-19 untuk mencegah infeksi Virus Covid-19"pungkasnya

Saat ini, negara kita sedang dilanda pandemi Covid-19. Untuk membentuk herd immunity dan mendukung program belajar mengajar secara tatap muka, diperlukan vaksinasi. Oleh karenanya kita rangkul pihak sekolah, agar dapat memotivasi anak didiknya untuk ikut vaksin,ujarnya.

Ditambahkan Serma Laksono ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyuntikan vaksin kepada anak. Kondisi tubuh anak harus dalam keadaan sehat atau tidak sedang sakit, dan juga harus siap mental ataun psikis. Hal ini perlu dukungan guru dan orang tua, yaitu dengan memberikan pengertian dan support kepada anak yang akan divaksin.

“Tugas orang tua dan guru disini cukup berat. Untuk itu, kami harapkan pihak sekolah dapat memberikan support kepada anak dan memberikan pengertian serta pemahaman kepada orang tua untuk mendukung program vaksinasi ini,” pungkasnya.

Dari pihak puskesmas mohon bantuan dari semua pihak untuk saling membantu dan mensosialisasikan kegiatan vaksin covid -19  mulai umur 6-11 tahun,karna tanpa peranserta dari masyarakat akan sangat kesulitan untk tercapai kesuksesan dalam pelaksanaanya.

Tempat pelaksanaan vaksinasi rencana  dilasanakan langsung ke sasaran ke sekolah sekolah yang berada di wilayah kecamatan Pringapus.

Dalam kegiatan ini turut hadir sekcam Pringapus Slamet Sodiq, petugas korwil Pringapus Supiyati Spd , serta sejumlah perwakilan dari masing masing sekolah di Kecamatan Pringapuas.(Pendim0714)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar