Latest News

Sosialisasi STBM Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang


Kabupaten Semarang-Perwira Penghubung (Pabung)Kodim 0714/Salatiga Mayor Kav Budi Saroyo menghadiri kegiatan Orientasi STBM 5 Pilar yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang,Selasa (07/11)

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung PP Paudni Dikmas Ungaran Aula Dr.Cipto Mangunkusumo lantai 2 Kecamatan Ungaran Timur  ini diikuti lebih kurang 60 orang dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

STBM adalah pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan.Sedangkan Pilar STBM adalah perilaku higienis dan saniter yang digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Plt.Dinas kesehatan Dwi Saipul nur  hidayat, SKM, M.M. dalam sambutannya mengatakan program STBM  pada kesempatan ini ditujukan untuk penyampaian kepada para camat dan puskesmas ,dan Babinsa ,Bhabinkamtibmas, dan pengerak pkk kab semarang, komitmen bersama antar empat pilar dan tetap sinergi dilapangan wilayah Kabupaten Semarang.

"Saya Ucapkan terima kasih kepada TNI dari Kodim 0714/Salatiga  yang telah bersinergi dalam membantu di wilayah desa dalam sukseskan 5 Pilar STBM di wilayah nya masing,sehingga sehingga pelaksanaan bisa sukses di wilayah kab semarang"ujarnya.

Adapun Progam 5 pilar antara lain,Stop buang air besar sembarangan,Cuci tangan pakai sabun,Pengamanan air minum buat rumah tangga,Pengelolaan sampah terpadu dan pengelolahan air limbah, tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Mayor Kav Budi Saroyo menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk masyarakat sehingga masyarakat di harap mengikuti petunjuk program ini dengan baik, Apalagi masa pandemi seperti ini kegiatan STBM ( sanitasi total berbasis masyarakat ) juga sangat penting, karena kegiatan ini jika diikuti dengan benar adalah merupakan cara cara agar kita hidup bersih dan sehat.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada pihak Dinas Kesehatan yang telah memberikan edukasi tentang apa itu 5 pilar STBM , Babinsa akan senantiasa bersinergi dengan Babhinkamtibmas siap membantu progam ini, sehingga warga masyarakat dapat memahami dan melaksanakan arahan dari dari Dinas Kesehatan",pungkasnya.(Pendim0714)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar