Latest News

Sertu Wantoyo Bersama Warga Truko Bersihkan Saluran Irigasi


Kabupaten Semarang-Dalam upaya untuk memperlancar saluran pengairan persawahan, anggota Babinsa Koramil 04/Bringin Sertu Wantoyo bersama warga Desa Truko melakukan gotong-royong membersihkan saluran irigasi di Perbatasan Desa Truko dan Desa Banding tepatnya di Dusun Gentan Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang,Rabu(08/12)


Dalam kegiatan tersebut juga hadir Kades Truko, Kadus Gentan serta beberapa warga, sasaran utama adalah saluran irigasi. Pembersihan ini bertujuan karena curah hujan yang tinggi di khawatirkan apabila saluran tersumbat akan menyebabkan genangan air di jalan penghubung antara Desa Truko dan Desa Banding.

Babinsa Truko disela kegiatan mengatakan, beberapa hari sebelum dilaksanakan gotong-royong, anggota Babinsa dan warga melakukan pengecekan kondisi saluran irigasi.

“Sebelum dilakukan gotong-royong, dilakukan pengecekan kondisi saluran di masing-masing kawasan. Ternyata, sebagian besar perlu dibersihkan dengan gotong-royong bersama. Kemudian dilakukan koordinasi dengan perangkat desa dan petugas pengairan untuk melakukan pembersihan,” ujarnya.

Menurutnya, Gotong-royong itu merupakan bentuk kepedulian jajaran Koramil Bringin untuk membantu masyarakat dalam wilayah desa binaan terutama di bidang pertanian.

“Sebagian saluran sumbat dan terjadi pendangkalan dipenuhi sedimen, maka dilakukan pembersihan agar air dapat mengalir lancar. Apalagi, saat ini, banyak petani mulai membajak sawah dan menyemai benih,” katanya.

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai hasilnya saluran irigasi  berhasil dibersihkan dan air mulai mengalir dengan lancar.(Pendim0714)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar