Latest News

Dandim Ikuti Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan NATARU


Kabupaten Semarang-Komandan Kodim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada,S.I.P bersama Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha , S.H , M.H dan Kapolres Semarang AKBP Yovan Fatika Handiska Aprilaya , S.IK, M.H memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 pengamanan NATARU yang di gelar di Lapangan Alun-alun Bung Karno Kelurahan Kalirejo, Kecamatan Ungaran timur Kabupaten Semarang,Kamis (23/12)

Apel gelar pasukan ini, dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi "Lilin - 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.Perayaan Natal dan Tahun Baru, oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian dan tentu saja ada peningkatan aktifitas masyarakat.

Ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar Iantas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021,yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021, sampai dengan tanggal 2 Januari 2022.

"Dengan mengedepankan kegiatan prefemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru, dengan rasa aman dan nyaman"Petikan Amanat Kapolri yang dibacakan oleh Bupati Semarang.

Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster klaster baru penyebaran Covid-19.berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus di antisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor,serta tindakan kriminal lainnya.

"Untuk itu, Saya harapkan seluruh Kasatwil, mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam  mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing masing daerah"tambahnya.

Sementara itu Dandim 0714/Salatiga saat memberikan pengarahan kepada anggota Kodim yang ikut melaksanakan Apel Gelar mengatakan untuk meningkatkan kewaspadaan, menyiapkan fisik dan mental, serta mempersiapkan dengan baik peralatan pengamanan. Selain itu, lanjutnya, aparat juga perlu mempersiapkan diri agar dapat melayani masyarakat, serta meningkatkan kerjasama dengan instansi terkait lainnya agar operasi dapat berjalan dengan baik.

Meningkatnya aktifitas masyarakat saat Natal dan memasuki tahun baru harus diantisipasi dengan baik oleh aparat keamanan. “Untuk itu perlu kita antisipasi serta tentukan cara bertindak yang terbaik demi terciptanya keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat dan warga Nasrani dalam Perayaan Natal Tahun 2021 serta Tahun Baru 2022"tegasnya.(Pendim0714)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar