Latest News

Babinsa Dampingi Kegiatan Fogging Nyamuk DB


Salatiga– Babinsa Koramil 04/Bringin Serma Suryadi melaksanakan kegiatan Fogging/penyemprotan nyamuk Demam Berdarah bersama Puskesmas dan Polsek Bringin di Desa Kalikurmo Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang,Kamis (09/12)

 

 Kegiatan penyemprotan  Fogging yang bertujuan Mengantisipasi meluasnya penyebaran virus dengue yang ditularkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti sebagai penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD),

 

Fogging merupakan sebuah teknik pengasapan yang dilakukan menggunakan bahan insektisida dalam upaya membunuh nyamuk dewasa penyebab demam berdarah dengue. Aktivitas fogging ini sering dilakukan dibeberapa wilayah di Indonesia

 

Eko Suswoyo petugas Puskesmas Bringin mengatakan Fogging adalah tindakan pengasapan dengan bahan pestisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk secara luas. Tetapi fogging hanya efektif dalam membunuh nyamuk dewasa tidak untuk larva, telur, ataupun jentik nyamuk.

 

"Pelaksanaan fogging harus dilakukan pada waktu yang tepat, yaitu sekitar pukul 07.00 – 10.00 dan pukul 14.00 – 17.00. Dikarenakan pada waktu itulah nyamuk Aedes aktif dan beraksi menggigit manusia"ujarnya

 

Menghilangkan jentik-jentik nyamuk (larva) itu lebih mudah daripada mengendalikan saat sudah menjadi nyamuk dewasa. Untuk itu masyarakat dihimbau untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan sekitar mereka dengan menerapkan 3M.

 

"3M tersebut adalah,MENGURAS, Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampungan air lemari es dan lain-lain.MENUTUP ,Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya,MENDAUR ULANG, Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yag menularkan demam berdarah"pesan Sugeng.

 

Disamping mendampingi  penyemprotan Fogging,Serma Suryadi juga melakukan himbauan bersama perangkat  desa, agar warga peduli terhadap lingkungan,apalagi menghadapi musim penghujan tentunya banyak sarang nyamuk.oleh karena itu salah satu cara dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

 

"Kewaspadaan warga memang perlu ditingkatkan dikarenakan kemungkinan perkembangbiakan nyamuk akan meningkat terutama di musim hujan, sehingga sering menyebabkan kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah Dengue (DBD) pada saat musim penghujan. Mari kita sama-sama lakukan 3M Plus agar lingkungan dan keluarga kita bisa terhindar bahaya DBD".Tegasnya (Pendim0714)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar