Latest News

Kasdim Pimpin Up[acara Hari Pahlawan Ke-76 Di Kodim 0714/Salatiga


Salatiga-Kasdim 0714/Salatiga Mayor Inf Masrokan pimpin Upacara peringatan hari Pahlawan ke-76  yang dilaksanakan dilapangan Makodim 0714/Salatiga Jalan Diponegoro No 35 Salatiga,Rabu (10/11)

Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-76 kali ini mengusung tema “PAHLAWANKU INSPIRASIKU” di mana mempunyai maksud bahwa generasi muda dapat menjadikan semangat nasionalisme dan kerelaan berkorban dari para pahlawan yang gugur merebut kemerdekaan.

Mayor Inf Masrokan selaku inspektur upacara membacakan amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Risma Maharani dimana dalam amanatnya mengatakan bahwa sejarah perjalanan bangsa dan negara Indonesia menunjukkan bahwa untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diperlukan perjuangan panjang. NKRI tidak akan berdiri tanpa perjuangan para pejuang dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya.

Berkali-kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba. 

Para pendiri bangsa ini menyadarinya dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air. Inilah pelajaran berharga. Lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan. 

Kita akan buktikan pada dunia. kalau bersama kita bisa mewujudkan cita-cita para Pahlawan. Karena kita bukan bangsa lemah, yang menerima kemerdekaaan sebagai hadiah penjajah, secara bersama kita mengalahkan dan mengusir balatentara terkuat dunia. 

Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati sebagai Han Pahlawan ini harus kita contoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan.

Kita adalah anak dan cucu kandung para Pahlawan Bangsa. Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah “mengalahkan” musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas.

Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku". 

Kita mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Karena Indonesia mempunyai sumberdaya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis. Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi.

Upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Ke-76 Tahun 2021 yang diikuti seluruh Prajurit dan ASN Kodim 0714/Salatiga tersebut, dapat berjalan dengan khidmat, tertib dan lancar.(Pendim0714)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar