Latest News

Danramil Sidomukti Hadiri Kegiatan Tes Kebugaran Bagi ASN Puskesmas


Salatiga-Dua Puskesmas di wilayah Kecamatan Sidomukti yaitu Puskesmas Kalicacing dan Puskesmas Mangunsari  melaksanakan Tes Kebugaran Bagi PNS/ASN se kecamatan Sidomukti,Tes Kebugaran bagi PNS/ASN bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jantung dan paru individu berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur,kegiatan ini dilaksanakan di Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga,Jumat (12/11)

Tes Kebugaran Jasmani dilakukan dengan metode Rockport  yaitu lari kecil sejauh 1.6 Kilo Meter, metode ini dipilih karena memiliki beberapa keunggulan antara lain. Mudah dilakukan, Tidak memerlukan alat khusus, Aman bagi orang dengan resiko penyakit, Dapat dilakukan secara individu ataupun kelompok serta dilakukan sesuai dengan kemampuan.

Sebelum pengukuran kebugaran, peserta diminta untuk mengisi Par Q Test (Physical Activity Readiness Questionnaire) sebagai upaya screening apakah peserta layak atau tidak untuk mengikuti pengukuran kebugaran dengan Metode Rockport. Selain itu, peserta juga diukur tinggi badan dan berat badan untuk mengetahui IMT (Indeks Massa Tubuh) sebagai salah satu cara untuk mengetahui status gizi seseorang, diukur tekanan darah, dan denyut nadi.

Untuk menghindari cedera atau hal lain sebelum berlari, peserta terlebih dahulu melakukan pemanasan dan peregangan seluruh tubuh, terutama otot tungkai dan dilanjutkan dengan jalan kaki. Hal tersebut dilakukan selama 10-15 menit. Waktu yang dicapai peserta dalam menyelesaikan lari sepanjang 1.600 meter tersebut kemudian dikonversikan ke dalam tabel Hubungan Waktu Tempuh - VO2 max untuk mengetahui VO2 max (ml/kg/menit) peserta. Setelah mengetahui VO2 max peserta, kemudian nilai VO2 max digunakan untuk mengetahui tingkat kebugaran jantung paru sesuai dengan jenis kelamin dan kelompok umur.

Danramil 01/Sidomukti Kapten Arh Sunaryo bersama Camat Sidomukti Guntur Jumanto S.STp dan Kapolsek Sidomukti  AKP Kurnianto Seco Haryono SE.MM.turut hadir serta memonitoring kegiatan tes kebugaran jasmani dengan metode Rockport bagi anggota ASN puskesmas se Kecamatan Sidomukti.

Kapten Arh Sunaryo juga menyampaikan agar dalam pelaksanaan kegiatan ini di perhatikan faktor keamanan,"laksanakan kegiatan ini dengan penuh semangat tetapi jangan sampai lupa kondisi kesehatan masing masing,saya minta tenaga medis harus siap seandainya ada hal yang tidak kita inginkan terjadi saat pelaksanaan"pesannya.

Dalam kegiatan ini pula di laksanakan pengumuman serta pembagian Piala bagi juara lomba "Jogo Tonggo"adapun hasil nya adalah Juara 1 RW 09 Kelurahan Dukuh,Juara II RW 08 Kelurahan Mangunsari,serta Juara III RW 16 Kelurahan Mangunsari.

Dikatakan Oleh Camat Sidomukti bahwa kegiatan "Jogo Tonggo"tidak hanya sebatas di lomba,akan tetapi pelaksanaan kegiatan ini harus kontinyu dan tetap komitmen bagi tiap tiap wilayah di Kecamatan Sidomukti.(Pendim0714) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar