Latest News

Dandim Hadiri Upacara Pembukaan Latgulcal

 


Kabupaten Semarang-Dandim 0714/Salatiga , Letkol Inf Loka Jaya Sembada,SIP , hadiri serta dampingi Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos,M.M  , saat membuka latihan penanggulangan bencana alam Korem 073/ Makutarama TA. 2021  di Gedung Balai Agung Tlogo Resort Desa Delik Kec.amatan Tuntang Kabupaten Semarang,Senin (01/11)

Hadir pula beberapa pejabat daerah serta instansi militer lainnya antara lain,Kasrem 073/Makutaram Letkol Czi Hendro Edi Busono,Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha, SH, MH, Wakpolres Semarang Kompol Sigit Ari Wibowo, SH, Kalakhar BPBD Kab. Semarang Drs. Heru Subroto, M.M,Para Kasi dan Pasi Korem  dan Kabalak Korem 073/Makutarama, Para Pasi Kodim 0714/Salatiga,serta  Forkopimcam Tuntang Kab. Semarang.

Latihan penanggulangan bencana alam kali ini diikuti , 150 orang personel mengusung tema "Korem 073/Mkt Melaksanakan Tugas Perbantuan Kepada Pemda di Daerah Dalam Rangka Penanggulangan Akibat Bencana Alam".

Dalam amanat nya Danrem 073/Makutarama mengatakan,Pembukaan latihan ini, bertujuan untuk mengecek kesiapan personel maupun materiil sebelum diterjunkan ke lapangan dalam rangka mendukung pelaksanaan latihan penanggulangan bencana alam. 

"Latihan penanggulangan bencana alam kali ini berpedoman pada materi bencana alam tanah longsor dengan rangkaian kegiatan meliputi : informasi tentang bencana alam tanah longsor dari warga setempat kepada perangkat Desa hingga kepada pejabat terkait, serta melaksanakan langkah-langkah penanganan dampak bencana alam tanah longsor sampai tahap mitigasi pemulihan situasi dan kondisi pasca bencana alam tanah longsor"tegasnya.

Dengan masih belum berakhir kondisi Pandemi Covid-19 ini Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos,M.M juga berpesan  Hal itu sangat berdampak pada kondisi sosial di wilayah, salah satunya berpengaruh pada stabilitas perekonomian masyarakat yang akan mengakibatkan kriminalitas di masyarakat dimana salah satunya penebangan hutan secara liar dan masif yang bisa berakibat fatal saat musim hujan yang dapat mengakibatkan abrasi tanah serta terjadinya longsor. 

 "Siapkan mental dan fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin yang tinggi serta selalu memperhatikan faktor keamanan dalam pelaksanaan latihan ini,tetap semangat, perkokoh kerja sama yang harmonis dan selalu koordinasi dengan mitra kerja di lapangan untuk pencapaian sukses tugas kemanusiaan di dalam latihan" pungkasnya.

Kuasai dan pedomani ketentuan yang ada guna mengeliminir kesalahan dalam pelaksanaan latihan. Bila ada hal-hal yang meragukan agar diingat kembali kepada petunjuk yang telah disampaikan dari penyelenggara latihan. 

"Resapi dan hayati ilmu yang ada di dalam latihan penanggulangan bencana alam, karena hal itu sangat bermanfaat bilamana dihadapkan pada kondisi yang sebenarnya"Pesan Danrem di akhir sambutannya.

Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha, SH, MH mengapresiasi dengan adanya Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang diselenggarakan oleh Korem 073/Makutarama ini ,apalagi untuk kejadian bencana baru baru ini Diwilayah Kab. Semarang terjadi Gempa di sekitar rawa pening, Walaupun gempa tersebut tidak besar akan tetapi telah membuat kepanikan terhadap warga masyarakat Kab. Semarang dan sampai ada yang melaksanakan istirahat di tenda.

"Dengan adanya Latihan Penanggulangan Bencana Alam ini semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan  kepada kita semua tentang bagaimana cara mengatasi kebencanaan, Saya harapkan untuk para peserta latihan agar dapat mengikuti secara sungguh-sungguh dan dapat memahami tahapan-tahapan dalam menangi penanggulangan bencana alam"ujarnya.

Pelaksanaan Latgulcal sendiri akan dilaksanakan tanggal 1 s/d 5 Oktober 2021 (5 hari) yang diikuti oleh TNI,POLRI,Unsur Pemda,Satpol PP, BPBD,Dinas  PU,Damkar,Dinsos, PMI, SAR,Rapi / Orari serta Masyarakat.(Pendim0714)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar