Latest News

Babinsa Koramil Sidomukti Hadiri Workshop Penyakit TB Dan Kusta


Salatiga-Dinas Kesehatan Kota Salatiga menggelar Workshop tentang penyakit TB,dan Kusta bagi  Babinsa, Bhabinkamtibmas dan kader kesehatan di wilayah puskesmas Kalicacing,Workshop tersebut dilaksanakan di Aula Kelurahan Kalicacing Kecamatan Sidomukti Salatiga,Kamis (04/11)

Dr Arfhan sambutannya mengatakan, saat ini pelayanan penyakit menular sedang gencar-gencarnya dilakukan seperti Tuberculosis (TB) ,dan Kusta  Satu orang penderita TB positif bisa menularkan TB pada 10-15 orang. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah kita belum maksimal dalam menemukan suspek/tersangka TB paru di masyarakat,Sedangkan untuk penyakit Kusta, banyak kita tidak menyadari akan adanya penyakit ini di lingkungan masyarakat kita.

Untuk itu kepada Ketua RT/RW agar selalu waspada dan bila menemukan warganya ada dihinggapi penyakit TB,dan Kusta secara cepat dibawa ke Puskesmas terdekat,”harap dr Arfhan.

Dirinya juga menambahkan pentingnya penemuan kasus TB sedini mungkin. “Diharapkan masyarakat memahami apa itu TB dan dapat merubah pandangan masyarakat yang selama ini masih menganggap TB itu penyakit guna-guna maupun penyakit keturunan.

Kusta merupakan penyakit menular langsung jika terlambat dalam penanganannya dapat mengakibatkan kecacatan”, jelasnya.

Sementara itu Babinsa Kalicacing Koramil 01/Sidomukti Serma Haryaga mengatakan,Babinsa sebagai ujung tombak satuan teritorial yang dalam tupoksi nya senantiasa berada di wilayah binaan akan membantu pelaksanaan pemantauan di wilayahnya bersama dengan petugas kesehatan dari Puskesmas.(Pendim0714)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar