Latest News

Kasdim Berikan Materi Nilai Nilai Pancasila


Salatiga-Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0714/Salatiga Mayor Inf Masrokan  memberikan materi tentang Nilai nilai Pancasila dalam kegiatan Semiloka Cinta Tanah Air tahun 2021 dengan tema "Pancasila Dalam Tindakan Bersatu Untuk Indonesia Maju"yang diselenggarakan oleh Kesbangpol Salatiga di Ruang Plumpungan lantai 4 Gedung Setda Jl. Letjen Sukowati No. 51, Kota Salatiga,Senin (11/10)

Dalam materinya Kasdim menyampaikan Pancasila sebagai Ideologi Negara,Pancasila sebagai Dasar Negara,serta Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

"Nilai Pancasila yang merupakan kemanusiaan persatuan kerakyatan dan keadilan sosial merupakan dasar bagi kehidupan bernegara,Nilai-nilai Pancasila tergolong nilai kerohanian yang didalamnya terkandung nilai-nilai lainnya secara lengkap dan harmonis, serta  Nilai-nilai Pancasila bersifat objektif dan subjektif artinya hakikat nilai-nilai Pancasila bersifat universal dan diakui oleh negara lain"terang Mayor Inf Masrokan.

Kasdim juga mengajak untuk senantiasa mempedomani nilai nilai yang terkandung yang ada di dalam Pancasila itu sendiri antara lain,Setiap tingkah laku para penyelenggara negara dan pelaksana pemerintah harus selalu berpedoman pada Pancasila,Pancasila sebagai sumber nilai menunjukkan identitas bangsa Indonesia yang memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang luhur hal ini mengatakan bahwa kerjasama dalam segala penindasan dan penjajahan, Pancasila mengarahkan pembangunan agar selalu dilaksanakan demi kesejahteraan umat manusia dengan rasa nasionalisme.

"Pancasila sebagai pandangan hidup Pancasila dalam pengertian ini sering disebut sebagai pandangan hidup pedoman hidup penunjuk hidup dan jalan,Pancasila dipergunakan sebagai petunjuk atau berlaku dalam sehari-hari,Pancasila digunakan sebagai petunjuk arah semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan di dalam segala bidang"tambahnya.

Sementara itu ketua DPRD Salatiga Dance Ishak Palit S.E., M.S.i mengangkat materi terkait Kekuatan Pancasila sebagai Dasar negara dan Falsafah hidup bangsa  sebagaimana suatu bangsa dapat dan bisa mempersatukan bangsa sehingga jangan sampai pecah .

"Jangan sampai terprofokasi terkait intoleran yang berakibat bisa membuat disintegrasi bangsa dan dianggap bisa menguntungkan bagi kelompok kelompok tertentu"pesannya.

Lagi kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di awal acara serta sambutan dari Kakesbangpol Salatiga Yayat Nurhayat, AP.M.SiKa ,selain materi dari Ketua DPRD Salatiga dan Kasdim 0714/Salatiga ,materi literasi media untuk menjaga keutuhan bangsa disampaikan oleh Singgih dari PERCIK.(Pendim0714)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar