Latest News

Dandim Resmi Tutup TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0714/Salatiga


Salatiga-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 Kodim 0714/Salatiga di wilayah Kota Slatiga dan Kabupaten Semarang selesai dilaksanakan. Penutupan kegiata tersebut dilakukan penyerahan serta penandatanganan bersama Naskah Kerja  oleh Walikota Salatiga H.Yulianto.SE.MM dan Bupati Semarang Ngesti Nugraha.SE kepada Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada,S.I.P Di tempat terpisah,untuk Kota Salatiga dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota Salatiga sedangkan untuk kabupaten Semarang di laksanakan di Dusun Seneng Desa Jatirunggo Kecamatan Pringapus,Kamis (14/10)



Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 dilaksanakan Kodim 0714/Salatiga di Randuares Kelurahan Kumpulrejo Kecamatan Tingkir Kota Salatiga dan Dusun Seneng Desa jatirunggo Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang  sudah selesai dilaksanakan 100 persen. 


TMMD dilaksanakan masih dalam kondisi pandemi virus Corona dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kegiatan dapat berjalan lancar sejak dimulai hingga selesai.


Dandim mengatakan, obyek program TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 dilakukan terhadap sasaran fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan sarana dan prasarana yang menyentuh langsung peningkatan kesejahteraan masyarakat serta mendukung kepentingan masyarkat seperti pembangunan fasilitas umum meliputi perbaikan atau pembuatan rabat beton jalan desa, talud jalan. Sasaran fisik lainnya pembangunan fasilitas sosial rehab perbaikan tempat ibadah.


Sasaran non fisik dijelaskan Dandim, juga berjalan dengan baik yakni sosialisasi kepada masyarakat tentang wawasan kebangsaan, bela negara, bahaya narkoba, penyuluhan stunting dan Pos Binaan terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM), administrasi kependudukan dan pelayanan terpadu satu pintu.


Pembangunan menyeluruh melalui fisik dan non fisik ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Salatiga. Sehingga tidak hanya jalannya yang bagus, namun masyarakatnya juga cerdas, terampil kreatif dan inovatif serta mempunyai kualitas yang mumpuni sebagai modal dasar membangun daerahnya.tambah Dandim


Hal yang terpenting dalam pelaksanaan TMMD ini adalah menggugah kesadaran masyarakat untuk berbudaya gotong royong dan berpartisipasi aktif dalam membangun daerahnya sendiri, meningkatkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara serta kesadaran bela negara dan menumbuhkan kesadaran masyarakat berdisiplin dan tertib hukum dalam rangka meningkatkan stabilitas keamanan.


"Tujuan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 membantu Pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun non fisik guna memantapkan kemanunggalan TNI rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh"pungkas Dandim


Untuk Kelurahan Kumpulrejo Kecamatan  Tingkir kota Salatiga melalui program TMMD Sengkuyung III ini telah berhasil membangun jalan beton dengan panjang 270 meter dan lebar 3 meter. Selain itu ada pula pembuatan talud jalan dengan panjang 20 meter, gorong-gorong dengan panjang 4,7 meter dan pembuatan 5 sumur resapan. Serta ada tambahan sasaran pekerjaan yakni pembuatan 3 unit jamban.


Di Dusun Seneng Desa Jatirunggo Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III menyelesaikan Sasaran Fisik Rabat beton jalan panjang 1000 m lebar 3 m tebal 13 cm  dengan hasil capaian 100 % serta sasaran tambahan berupa Rehab Mushola,Jambanisasi serta  Perbaikan talut sepanjang 10 m dengan hasil 100%.


Sebagai Penanggung Jawab Operasional TMMD Dandim menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak,  terutama Pemerintah Daerah dan masyarakat atas segala dukungannya, sehingga TMMD ini dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan.(Pendim0714)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar