Latest News

Babinsa Koramil Sumowono Dampingi Monitoring Dan Evaluasi Konvergensi Pencegahan Stanting

 


Kab Semarang – Babinsa Koramil 10/Sumowono Kodim 0714/Salatiga, Serda Ali Rudianto melaksanakan Pendampingan monitoring dan evaluasi konvergensi pencegahan stanting yang dilaksanakan di Balai Desa Kemawi Kec Sumowono Kab Semarang.

Acara juga dihadiri oleh Kemendes pusat ibu lilis yuliana,Dispermasdes kab semarang ibu nur wiyanti,Kecamatan sumowono diwakili oleh sek cam,Pendamping desa pak Sukamto,tenaga ahli kab semarang ibu indah beserta ibu-ibu PKK, Kamis (03/07/2021).

Tujuan sosialisasi tersebut adalah memberikan pemahaman tentang pentingnya asupan gizi untuk balita. Salah satunya adalah mencegah terjadinya Stunting.

Stunting itu sendiri berarti keadaan tubuh yang sangat pendek, atau dalam bahasa jawa disebut kuntet. Stunting dapat terjadi sebagai akibat kekurangan gizi.

Salah satu cara mencegah stunting adalah pemenuhan gizi dan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil.

Upaya ini sangat diperlukan, mengingat stunting akan berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak dan status kesehatan pada saat dewasa. Anak stunting penyebab utamanya asupan gizi. Masyarakat, umumnya menganggap pertumbuhan fisik sepenuhnya dipengaruhi faktor keturunan.

Pemahaman keliru itu, kerap menghambat sosialisasi pencegahan stunting yang semestinya dilakukan dengan upaya mencukupi kebutuhan gizi sejak anak dalam kandungan hingga usia dua tahun.

Serda Ali Rudianto mengapresiasi adanya kegiatan sosisalisasi tentang sosialisasi stanting.

Hal ini sangat penting karena dengan adanya sosialisasi ini masyarakat menjadi tahu akan pentingnya pemberian asupan gizi yang baik untuk balita, salah satu fungsinya adalah dapat mencegah terjadinya stunting.

Ali menambahkan, anak merupakan generasi penerus bangsa, untuk itu kesehatannya harus tetap dijaga, ungkap Babinsa. (Pendim 0714/Slg).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar