Latest News

Siswa MI Nurul Islam Batur 2 Panik Melihat Petugas Kesehatan Dan Babinsa ,Ada Apa?


Getasan,Kab Semarang-BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH (BIAS) adalah bulan dimana seluruh kegiatan imunisasi dilaksanakan di seluruh Indonesia oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama dan Menteri Kesehatan.

Imunisasi dalah pemberian vaksin dengan tujuan agar mendapatkan perlindungan (kekebalan) dari penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).

Tujuan pelaksanaan BIAS adalah mempertahankan Eleminasi Tetanus Neonaturum, pengendalian penyakit Difteri dan penyakit Campak dalam jangka panjang melalui imunisasi DT, TT dan Campak pada anak sekolah.

Ditengah New Normal Pandemi Covid-19 pemerintah kabupaten Semarang melalui Dinas Kesehatan kecamatan Getasan di dampingi Babinsa Batur Pelda Winarno melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah di MI NURUL ISLAM BATU 2 dusun Rejosari Desa Batur kecamatan Getasan kabupaten Semarang,Kamis (27/08)

Menurut Petugas Kesehatan Puskesmas Getasan Srimulyani Pemberian imunisasi untuk siswa SD perlu dilakukan karena sejak anak memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan tingkat kekebalan. Oleh sebab itu, pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia SD atau sederajat.

"Imunisasi adalah pemberian vaksin (virus yang dilemahkan) ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu"

"Ini diberikan mulai dari lahir sampai awal masa kanak-kanak. Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi diri dari aneka penyakit maka imunisasi ulangan perlu diberikan kembali sampai usia anak sekolah"pungkasnya

Imunisasi DT diberikan untuk murid kelas 1 SD. Sementara imunisasi campak untuk kelas 2 SD. Petugas kesehatan yang diturunkan yakni seorang dokter, seorang perawat, seorang bidan, dan seorang tenaga kesehatan lain.(Pendim0714)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar