Latest News

PLH Kasdim 0714/Salatiga Mengikuti Rapat Virtual Sosialisasi Komcad TNI AD


Salatiga-Plh Kasdim 0714/Salatiga Mayor Inf Supriyono bersama PA Staf Kodim dan Para Danramil jajaran Kodim 0714/Salatiga bertem[at di ruang data mengikuti kegiatan Rapat Virtual Sosialisasi Komponen Cadangan TNI AD yang dilaksanakan Korem 073/Makutarama dipimpin langsung oleh  Kasrem 073/Makutarama Letkol Czi Hendro Edi Busono.Senin (10/08)

Kegiatan itu dilakukan untuk memberikan sosialaisasi kepada para pemuda yang memenuhi Syarat untuk ikut seleksi menjadi Komponen Cadangan TNI AD,Untuk Korem 073/Makutaram alokasinya 600 orang, untuk itu diharapkan seluruh Kodim jajaran Korem 073/Makutarama harus bisa memberikan arahan kepada masyarakat supaya generasi muda yang memenuhi syarat kriteria untuk ikut andil menjaga negara ini dalam wadah kompenen cadangan TNI AD.

Para Babinsa sebagai ujung tombak Satuan Teritorial diberikan tugas untuk mensosialisaikan dan memberikan gambaran serta merekrut meraka yang bisa menjadi wujud kebanggaan masyarakat untuk ikut andil dalam rangka menjaga wilayah NKRI.

Demikian yang disampaikan oleh Kasrem 073/Makutarama Letkol Czi Hendro Edi Busono secara Virtual.

Komponen cadangan adalah sebuah pasukan cadangan militer atau sebuah organisasi militer yang terdiri dari warga negara yang menggabungkan peran militer dengan karier sipil. Komponen cadangan untuk melawan ketika suatu negara untuk memobilisasi perang total atau untuk mempertahankan diri dari invasi.

Keberadaan Komcad tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional.Komcad yang berasal dari unsur ASN dan pekerja/buruh selama menjalani masa aktif tetap mendapat hak ketenagakerjaannya dan tak kehilangan pekerjaan di instansi asal. Begitu juga Komcad yang berstatus mahasiswa selama menjalin masa aktif tetap memperoleh hak akademisnya dan tak kehilangan status sebagai peserta didik.

Selama masa aktif (usia 18-35 tahun), Komcad bakal mengikuti hukum militer. Para Komcad melaksanakan pengabdian sampai dengan usia paling tinggi 48 tahun. Komcad juga wajib memenuhi panggilan untuk mobilisasi.(Pendim0714)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar