Latest News

Komitmen Pendampingan Petani,Serda Suwoyo Ikuti Sosialisasi Dari Dinas Pertanian Kabupaten Semarang

Tengaran,Kab Semarang,Bertempat di Rumah Ketua Gapoktan Desa Regunung,Kecamatan Tengaran Kab Semarang  Babinsa Desa Regunung Koramil 05/Tengaran Serda Suwoyo menghadiri kegiatan Sosialisasi Budidaya Tanaman Cengkeh yang di prakarsai oleh Dinas Pertanian kabupaten Semarang.Rabu(05/08)

Dikatakan oleh Kasi Pertanian Kabupaten Semarang,Cengkeh (Syzigium aromaticum) tergolong jenis tanaman rempah dengan aroma dan rasa yang khas. Tidak jelas sebenarnya dari mana tanaman ini berasal, namun pohon cengkeh tertua berada di Ternate, Maluku. Tanaman ini diperkenalkan melalui perdagangan oleh pedagang yang membawa cengkeh ke Eropa, hingga sampai kini cengkeh sudah dikenal secara luas di dunia.

"Agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, terdapat beberapa syarat tumbuh cengkeh yang harus dipenuhi. Sebelum melakukan proses budidaya secara intensif, aspek lingkungan seperti iklim, ketinggian tempat, tanah, curah hujan, intensitas penyinaran, suhu dan kelembaban udara menjadi faktor penentu keberhasilan tanaman cengkeh dapat dibudidayakan"

"Tanaman cengkeh umumnya tumbuh di daerah beriklim tropis. Daerah beriklim tropis hanya memiliki 2 musim, yakni kemarau dan penghujan, sehingga cocok untuk tanaman cengkeh yang mengharuskan adanya bulan kering dan bulan basah dalam kalender waktu tumbuh dan perkembangannya"Ujar Nursalim

"Tentu saja kami bersama Babinsa,PPL dan Ketua Gapoktan  akan senantiasa mendampingi para petani untuk budidaya tanaman Cengkeh ini,mulai proses tanam,panen sampai dengan pemasarannya"tegasnya.(Pendim0714)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar