Latest News

Kasdim Ikuti Kegiatan Donor Darah

Salatiga-Aktivitas donor darah selama masa pandemi virus corona mengalami penurunan. Palang Merah Indonesia (PMI) menyebutkan, kegiatan donor darah di hampir sebagian besar Unit Donor Darah PMI (UDD PMI) menurun.Padahal, stok darah sangat dibutuhkan karena kegiatan transfusi darah di rumah sakit tetap berlangsung.

Saat ini merebak penyakit demam berdarah sehingga banyak dibutuhkan darah, begitu juga pasien yang rutin perlu transfusi darah seperti Thalasemia dan sebagainya

Oleh karena itu, untuk memudahkan proses donor darah, PMI menyediakan mobil unit transfusi darah yang akan mendatangi donor yang ingin menyumbangkan darahnya.

Seperti yang dilaksanakan pada pagi ini di Aula Makodim 0714/Salatiga Jalan Diponegoro No 35 Salatiga berlangsung MOBILE DONOR DARAH oleh PMI Kota Salatiga kepada anggota Makodim 0714/Salatiga beserta masyarakat binaan sebagai tindakan proaktif menjaga ketersediaan darah bagi pasien yang membutuhkan,Selasa (09/06)

Adapun pelaksanaan donor darah dibagi sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan Koramil 01 s/d 08 dan Makodim Pukul 07.30- 09.30 WIB, Ramil 09- 16 Pukul 09.30- 11.30 WIB,hal tersebut agar Phsycal Distanciang dan Social Distancing tetap dapat dilaksanakan.

Kegiatan donor dilakukan sesuai standar protokol kesehatan yang sudah diatur oleh pihak PMI yakni dengan membatasi jumlah orang pada saat melakukan kegiatan donor darah. Apabila pendonor ada mencapai 100 orang, maka donor darah akan dilakukan di dalam aula yang hanya melayani 5-10 orang dengan jarak masing-masing 2 meter.

Kemudian arus masuk dan keluarnya pendonor juga diatur agar tidak saling bertemu sehingga kegiatan donor darah ini bisa aman bagi para pendonor dan stok darah dapat mencukupi kebutuhan darah bagi masyarakat Kota Salatiga dan sekitarnya.

Kasdim 0714/Salatiga Mayor Inf Masrokan yang juga ikut Donor Darah mengatakan,kegiatan ini Membantu PMI Cabang Kota Salatiga dalam mengantisipasi kekurangan stok darah di tengah situasi pandemi covid-19 serta mengantisipasi kekurangan stok darah dalam masa tanggap darurat bencana covid-19.

"Dengan adanya pelaksanaan donor darah minimal sudah dapat membantu Pemerintah Daerah untuk ketersediaan darah dan untuk mencukupi kebutuhan darah bagi masyarakat Kota Salatiga"ujarnya.(Pendim0714)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar