Latest News

Danramil Suruh:"Pemerintah memberikan bantuan BLT DD ini dlm rangka penanganan kepada masyarakat yang terdampak pandemi virus Covid19"

Suruh,Kab Semarang-Kapten Inf Untung Hardjanto melaksanakan Pendampingan dan pengawasan terhadap Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT)  yang berasal dari Dana Desa kepada warga yang terdampak virus corona (Covid-19),di Aula Desa Sukorejo Kecamatan Suruh,Kabupaten Semarang,Senin (19/05)

Pemerintah melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menerbitkan Permendesa Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Permendesa Nomor 11 Tahun 2020 yang mengatur tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2020.

Dalam Perpu Nomor 1 Tahun 2020 ditegaskan, pengutamaan penggunaan dana desa adalah dapat digunakan antara lain untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada penduduk miskin di desa dan kegiatan penanganan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kriteria penerima BLT dana desa tidak menggunakan 14 kriteria program keluarga harapan (PKH). Ukuran utama yang digunakan adalah penerima belum mendapatkan bantuan sosial (bansos) seperti PKH dan telah kehilangan penghasilan akibat dari Covid-19.

Data penerima manfaat akan dicocokkan melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jika terdaftar dan belum mendapatkan bansos, maka dapat menerima BLT dana desa, Misal  sopir travel, pedagang kantin sekolah dan lainnya. Itu semua mata pencahariannya hilang, maka dia punya hak untuk dapat BLT dana desa.

Saat ditemui Danramil 08/Suruh mengatakan Pemerintah memberikan bantuan BLT DD ini dlm rangka penanganan kepada masyarakat yang terdampak pandemi virus Covid19. Dan semoga bantuan tersebut bisa di gunakan dengan sebaik baiknya.

Bahwa dlm penanganan pemutusan rantai virus corona di butuhkan kerjasama sesuai aturan dari pemerintah dan mengharapkan kepada semua masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pencegahan pandemi virus covid19.

“Mudah-mudahan berguna bagi yang berhak menerima, tetap kita awasi proses penyaluran selanjutnya nanti, mudah mudahan Bantuan Langsung Tunai ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya, dalam menunjang kebutuhan sehari-hari warga saat pandemi Covid-19 melanda”, Imbuh Danramil.

Daftar penerima BLT-DD / Bantuan Langsung Tunai Dana Desa dalam rangka dalam rangka penanganan Covid 19 Kab. Semarang Th 2020 terdapat sebanyak 144 KK
BLT-DD / Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ini diambilkan dari Dana Desa dan di berikan kepada masyarakat yang telah terdaftar berupa uang tunai sebesar Rp 600.000 ( Enam Ratus Ribu Rupiah ).(Pendim0714)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar