Latest News

Peran Aktif Babinsa Muncar Tergabung Dalam Satgas Pencegahan Covid-19

Susukan,Kab Semarang-Pencegahan penyebaran Covid-19 di desa  di Indonesia bakal mengandalkan relawan desa tanggap Covid-19.Pelaksanaan pencegahan Covid-19 di desa dilaksanakan oleh relawan desa tanggap Covid-19. Relawan desa tanggap Covid-19 diketuai oleh Kepala Desa, lantas ada BPD dan anggotanya, aparat desa, ketua RT dan RW, tokoh masyarakat, petugas yang ada di desa, pendamping profesional termasuk tokoh petani dan para pemuda serta berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Agar penanganan Covid-19 oleh para relawan semakin baik ,bertempat di Balai Desa Muncar,Kecamatan Susukan,kabupaten Semarang dilaksanakan pembekalan relawan tanggap penyakit Covid 19,Senin(27/04)

Camat Susukan menerangkan tugas para relawan diantaranya membuat papan informasi pencegahan dan penanganan kasus wabah yang berasal dari Wuhan China serta sosialisasi mengenai Covid-19.
"Kemudian melakukan penyemprotan disinfektan dan menyediakan tempat cuci tangan bagi warga desa yang sudah kita laksanakan, Relawan juga bertugas mendata warga desa yang rentan terjangkit seperti lansia, balita dan warga yang terkena penyakit menahun"ujarnya.

Relawan Desa Tanggap Covid-19 juga bertugas mendata lokasi yang akan digunakan sebagai tempat isolasi jika terdapat warga yang baru datang dari daerah terjangkit. Nantinya rekomendasi lokasi isolasi akan disampaikan ke Tim Kesehatan Kabupaten.

Babinsa muncar menambahkan Selain pendataan pada warga yang rentan terinfeksi, relawan juga wajib melakukan pendataan dan cek kesehatan kepada warga yang keluar masuk, maupun mereka yang baru pulang dari perantauan. Oleh karenanya dihimbau agar didirikan pos jaga 24 jam di masing-masing desa.

"Pemerintah desa juga tidak boleh memberi izin untuk kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Pengawalan juga dilakukan oleh relawan jika terdapat warga yang harus melakukan karantina mandiri," imbuh nya(Pendim0714)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar