Latest News

Pertajam Kemampuan Teritorial,Kodim Salatiga Selenggarakan LATNISTER Tahun 2020

Salatiga-Kepala Staf Kodim 0714/Salatiga Mayor Inf Masrokhan secara resmi membuka kegiatan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) Kodim 0714/Salatiga Tahun 2020 di Aula Kodim 0714 Jalan Diponegoro No 35,Salatiga,Rabu (11/03)

Kegiatan diikuti oleh 200 orang Babinsa, ini digelar dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kinerja seluruh Babinsa, Kemampuan teritorial harus selalu diasah dengan baik sehingga bisa diaplikasikan secara benar oleh para Babinsa di tengah-tengah masyarakat dengan dinamila perubahan kondisi sosial ekonomi dan budayanya.


Selama 5 hari kedepan, para Babinsa akan mendapatkan pembekalan materi teori dan praktek untuk menambah wawasan. Para Babinsa akan melaksanakan praktek langsung guna mengaplikasikan teori yang didapat di lapangan terutama dalam hal pengumpulan data serta kegiatan lapangan.

Dalam sambutannya dikatakan,“Sebagai Babinsa, para prajurit wajib mengerti apa yang dimaksud dengan lima kemampuan teritorial. Para Babinsa mengerti cara mengumpulkan data dan membuat laporan tentang kegiatan yang tergelar di wilayah desa binaanya.” ujar Kasdim.

Lanjut Kasdim para Babinsa wajib harus bersinergi dengan masyarakat dan aparat desa karena tiga pilar desa merupakan mitra dalam bekerja sehingga sinergitas harus terus dijalin secara baik dan dilaksanakan dengan baik oleh para Babinsa.

Mayor Inf Masrokhan juga memberikan materi Lima Kemampuan Teritorial antara lain kemampuan temu cepat lapor cepat yang dititik beratkan kepada kepedulian , deteksi dini datangi dekati obyek kejadian, dengarkan suara dan lihat sekitarnya, dapatkan informasi, cegah dini, lokalisir agar tidak menyebar, lakukan sesuatu, laporkan ke komando atas, saring berita, sandi berita, kirim berita.

Pabung,serta Danramil jajaran Kodim 0714/Salatiga juga memberikan materi Latnister kepada para Babinsa antara lain Manejemen teritorial, Materi Pemberdayaan wilayah pertahanan darat dan pembinaan teritorial TNI AD, materi kultur masyarakat dan keagamaan babinsa dalam tugas,materi Kemampuan Pengguasaan Wilayah diantaranya kemampuan yang harus dimiliki, kegiatan penguasaan wilayah, metode dan teknik penguasaan wilayah, pentahapan kegiatan penguasaan wilayah, teknik pendataan geografi inventerisasi data geografi, teknik pul data geo, teknik data demografi, teknik data komsos,serta materi tentang Komunikasi Sosial sesuai skep kasad no 480/XII/2006 tanggal 18 Desember 2006.(Pendim0714)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar