Latest News

Babinsa Padaan Dampingi Tim Verifikasi STBM


Kabupaten Semarang, Bertempat di Balai Desa Padaan Kecamatan Pabelan kabupaten Semarang telah dilaksanakan tim verifikasi STBM tingkat Kec Pabelan ,Selasa (22/10)

kedatangan Tim verifikasi dari Dinas Kesehatan Kecamatan Pabelan ini  guna untuk memverifikasi Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau Desa STBM.

Apa itu STBM?  yaitu Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau yang disebut sebagai STBM adalah pendekatan untuk merubah perilaku hidup berih, sehat dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat melalui lingkungan sekitar, mencakup 5 pilar yaitu :
  1. Stop buang air besar (BAB) sembarangan.
  2.  Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir.
  3. Mengelola air minum dan makananrumah tangga.
  4. Mengelola sampah rumah tangga.
  5. Mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.
Acara verifikasi dimulai sekitar pukul 09.30 wib dimulai dengan pembukaan yang bertempat di Balaidesa Padaan, dibuka oleh pembawa acara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya , kemudian sambutan sambutan dari Kepala Desa Padaan,  kemudian dilanjutkan oleh ketua Tim Verifikasi dari Dinas Kesehatan Kecamatan Pabelan.

Setelah itu Tim Verifikator kemudian dengan didampingi oleh Babinsa Padaan Serka Sumar berkeliling ke Dusun dusun yang ada di Desa Padaan tersebut untuk mengecek secara acak rumah warga yang selanjutnya kemudian di Data.(Pendim0714)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar