Latest News

Kolaborasi Babinsa Dan Bidan Di Posyandu Gondoriyo

Salatiga,Selama ini kebanyakan masyarakat berpikir bahwa posyandu hanya penting bagi balita maupun ibu hamil. Karena menurut mereka balita dan ibu hamil lah yang harus diperhatikan mengenai perkembangan dan status kesehatannya.
Namun tidaklah demikian, proses penuaan akan berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Ditinjau dari aspek kesehatan pertambahan usia, maka lansia akan semakin rentan terhadap berbagai keluhan fisik dan psikis.
Untuk itu, pemerintah telah menyediakan layanan kesehatan bagi lansia berupa posyandu lansia untuk memperhatikan  status kesehatan para lansia di Indonesia.
Seperti yang dilaksanakan Rumah bapak Jumari RT 05/IV Kel.Gondoriyo Kec.Jambu kabupaten Semarang, Babinsa Gondoriyo Koramil 11/Jambu Koptu Sumerat melaksanakan Pendampingan kepada Bidan Desa yang sedang melaksanakan Pemeriksaan kesehatan rutin bagi Balita dan Lansia,Kamis (05/09)
Dituturkan oleh Endang,Bidan Desa Gondoriyo Tujuan Posyandu bagi Lansia,meningkatkan kesadaran para usia lanjut untuk membina sendiri kesehatannya, baik kesehatan fisik dan psikologis,meningkatkan kemampuan dan peran serta keluarga dan masyarakat dalam mengatasi kesehatan usia lanjut,Meningkatkan jenis dan jangkauan pelayanan kesehatan usia lanjut serta meningkatkan mutu pelayanan kesehatan usia lanjut.
Koptu Sumerat ketika ditanya oleh Penerangan Kodim 0714/Salatiga menyampaikan,bahwa tugas pokok seorang Babinsa memang sangat komplek dan hal tersebut harus disadari oleh para warga,karena Babinsa tidak hanya menjadi aparat keamanan bagi warga ,tetapi juga bisa menjadi Motivator kesehatan salah satunya.
"Dalam rangka menunjang kesehatan bagi para warga ,hendaknya warga rutin mendatangi Posyandu yang secara berkala dilingkungan desa Gondoriyo itu,pengecekan kesehatan dilakukan sebagai upaya untuk pencegahan sakit di kemudian hari"ucapnya(Pendim0714)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar