Latest News

Tradisi Sedekah Bumi Adalah Warisan Leluhur,Mari kita Jaga Dan Lestarikan Bersama, Ujar Serka Muslih



Kabupaten Semarang,Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

Upacara ini masih banyak kita jumpai pada masyarakat di daerah pedesaan, yang kehidupannya ditopang dari sektor pertanian. Upacara Sedekah Bumi ini menjadi sarana ucapan terima kasih warga setempat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia yang diberikan. 

Hal tersebut disampaikan oleh Serka Muslih Babinsa Koramil 02 /Pabelan pada saat memberikan sambutan di hadapan Tamu undangan dan para warga pada acara Sedekah Bumi yang berlangsung di desa Bendungan,Kecamatan Pabelan ,Kabupaten Semarang,Rabu (28/08)

Hiburan rakyat berupa  Kesenian Tradisonal Tayub  adi laras dari desa Ngablak getasan.turut mewarnai kegiatan pada malam hari itu.

"Sebagai generasi yang mewarisi kebudayaan ini, kita hendaknya melestarikan tradisi luhur ini. Tradisi sedekah bumi menyimpan nilai moral antara lain rasa syukur, hidup harmoni dengan alam dan kebanggan terhadap budaya bangsa. Sebagai generasi penerus hendaknya kita terus memelihara keberadaan tradisi Sedekah Bumi agar kebudayaan ini tetap terlestarikan keberadaannya. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut yang disesuaikan dengan kepercayaan masing-masing" tambahnya. (Pendim 0714)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar