Latest News

Dandim Hadiri Launching Aplikasi Pemda Salatiga



Rabu tanggal 02 Januari 2019 pukul 09.00 wib, bertempat di Ruang Rapat Kaloka Gedung Setda Lt 4 Pemkot Kota Salatiga telah berlangsung Acara Pelaksanaan Louncing Aplikasi Pemda Kota Salatiga di hadiri  75 orang.

Hadir dalam acara tersebut,Forkompinda Kota Salatiga,Walikota Salatiga (Yulianto.SE.MM),Wakil Walikota Salatiga ( Muh. Harris, SS.,M.Si ),Sekda Kota Salatiga ( Drs. Fahrurodji ), Kasi ren Rem 073/ Mkt ( Letkol  Arm. Nur Sutiyasno ),Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan, Para SKPD Kota Salatiga,Serta Para camat dan lurah se Kota Salatiga.

"Puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas perkenan-Nya, kita dapat bersilaturahmi dalam kegiatan “Pengarahan Walikota Salatiga Tahun 2019”, dalam keadaan sehat wal afl’at.


Sebelumnya, saya ucapkan Selamat Tahun Baru 2019. Terima kasih atas kinerja kita semua, sehingga di Tahun 2018 Ialu kita telah berhasil meraih berbagai penghargaan baik di tingkat nasional maupun regional. Juga terima kasih kepada segenap Jajaran Forkopimda, DPRD dan BUMD yang selama ini telah mendukung kinerja dari Pemerintah Kota Salatiga. Saya berharap di Tahun 2019 ini, jalinan kerja sama kita semakin kokoh, sehingga dapat bersama-sama memberikan yang terbaik untuk Kota Salatiga.

Berkaitan dengan Hasil EKPPD atas LPPD Tahun 2017, saya berikan apresiasi kepada kita semua, karena di Tingkat Jawa Tengah kita berhasil meraih peringkat 17, setelah tahun sebelumnya berada di peringkat 22.

Namun berbeda di Tingkat Nasional, meskipun skor kita terus mengalami kenaikan, peringkat kita justru mengalami penurunan tiap tahunnya. Mulai dari masuk 10 besar di tahun 2012, peringkat 13 di Tahun 2013,
menurun menjadi peringkat 16, kemudian ke peringkat 36, dan terakhir peringkat 42.

Saya harap semua SKPD dapat menindaklanjuti hasil penilaian ini. LPPD merupakan dokumen yang sangat penting, karena berisi capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelaksanaan tugas pembantuan yang telah dilaksanakan dalam satu tahun anggaran. Untuk itu saya minta agar semua SKPD dapat menyusun LPPD dan LKPJ lebih baik lagi. Berikan data yang akurat dan sesuai dengan data di lapangan, agar apa yang telah kita susun benar benar menjadi cerminan dari apa yang telah kita kerjakan, Kemudian mengenai Opini WTP yang telah kita capai tahun lalu, saya menerima informasi jika sampai dengan tanggal 20 Desember 2018, Pemerintah Kota Salatiga baru menyelesaikan tindak lanjut atas hasil pemeriksaan BPK sebesar 85,89%. Saya minta kepada seluruh SKPD untuk segera melakukan upaya-upaya percepatan terhadap penyelesaian tindak lanjut tersebut. Dan semua SKPD harus proaktif untuk menyelesaikannya.

Harus kita pahami bahwa Opini WTP bukanlah sebuah pencapaian prestasi semata, tetapi harus diiringi dengan kinerja yang lebih baik dalam pengelolaan keuangan secara efektif, eflsien, ekonomis, tepat guna, tepat sasaran, dan tidak ada korupsi. Dalam upaya kita bersama untuk mewujudkan manajemen pemerintahan yang efektif, transparan dan akuntabel, saya minta supaya perjanjian kinerja yang telah dibuat ini dapat ditepati dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Begitu juga dengan DPA Tahun 2019 yang telah kita selesaikan bersama, kecuali untuk tiga SKPD yang belum selesai, yaitu DPUPR, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, serta Kecamatan Sidorejo, saya minta agar dapat segera menyesuaikan. Sehingga kedepan semua kegiatan dapat dilaksanakan secara regulatif, tepat waktu, tepat mutu dengan mengacu pada waktu yang telah direncanakan sebelumnya. Oleh karena itu, saya minta agar seluruh komponen Tanda tangan yang telah kita torehkan dalam dokumen tersebut bukan hanya sekedar formalitas atau rutinitas semata. Melainkan suatu tanggung jawab yang harus dilaksanakan secara amanah. Untuk itu, saya minta agar program dan kegiatan yang telah disusun ini dapat segera dilaksanakan. Jangan menunda pekerjaan yang akhirnya akan berakibat pada penumpukan pekerjaan di akhir tahun.

f. Selanjutnya terkait penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020, SKPD harus mendasarkan pada dokumen Rencana Kerja Pemerintah Pusat, RKPD Provinsi Jawa Tengah, RPJMD Kota Salatiga 2017-2022, Renstra dan Renja OPD. Sehingga akan menghasilkan yang regulatif dan mengakomodir sebesar-besarnya kepentingan masyarakat luas.

Kemudian juga pada hari ini kita telah melaksanakan launching empat aplikasi yakni, Pelayanan Non Perizinan Online, Penandatanganan SPZD Secara Elektronik, Dataku, dan Android Salatigaku, saya harap aplikasi ini tidak hanya sekedar diluncurkan lalu tidak dimanfaatkan secara maksimal.
Aplikasi ini harus dipublikasikan dan diaptimalkan, sehingga masyarakat kita mengetahui, dapat menggunakan, dan dapat memanfaatkan keunggulan dari aplikasi tersebut. Selanjutnya, saya mengajak kepada seluruh SKPD untuk lebih meningkatkan jalinan kerjasama dengan SKPD lainnya. Tinggalkan ego sektoral, tujuan kita satu untuk Kota Salatiga. Jadi mari kita bersama-sama bekerja, agar visi dan misi selama lima tahun kedepan dapat terlaksana sebagaimana yang telah kita rencanakan sebelumnya.

Pada kesempatan ini, kepada rekan-rekan media, saya ucapkan terima kasih atas dukungannya dalam mempublikasikan rencana dan hasil-hasil pembangunan selama ini. Semoga jalinan kemitraan yang baik ini dapat terus terpelihara di masa mendatang. Dan dalam upaya-upaya Pemerintah Kota Salatiga membangun dan mensejahterakan masyarakat, secara khusus saya meminta kepada teman-teman Mitra Media selaku pilar keempat demokrasi, untuk turut hadir menyukseskan program dan kebijakan tersebut. Mari kita bersinergi, kita lakukan peran dan fungsi kita masing-masing. Tidak hanya dalam mencerdaskan masyarakat Kota Salatiga, tetapi juga dalam memperkenalkan Kota Salatiga kepada masyarakat luas. (Pendim0714)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar