Latest News

Tes Kesamaptaan Sebagai Tolak Ukur Kemampuan Fisik Anggota TNI Dan ASN.






Pada hari Selasa tanggal 23 April 2018 pukul 07.00 Wib bertempat di stadion  Kridanggo Kota Salatiga telah berlangsung kegiatan Semapta periodik Tri wulan II yang dilaksanakan oleh Kodim 0714/Salatiga di ikuti lebih kurang 150 orang.

“Kemampuan Jasmani seseorang adalah salah satu unsur kemampuan manusia, yang memberikan gambaran pada postur prajurit sehingga dalam hal pembinaannya tidak kalah pentingnya dengan pembinaan unsur lainnya seperti mental dan intelektual”. Hal tersebut tercermin pada kegiatan tes kesegaran jasmani periodik II Tahun 2018, Disampaikan oleh Pasipers Kodim 0714/Salatiga Kapten Inf Joko.s

Kegiatan kesegaran jasmani periodik ke- 2 merupakan program untuk harus dilaksanakan oleh setiap Prajurit TNI AD. Sebelum pelaksanaan tim Kesehatan Kodam melaksanakan pengecekan kesehatan terlebih dahulu selanjutnya anggota Perwira Jasdam menyampaikan arahannya bahwa kesegaran jasmani periodik bagi prajurit mutlak harus dimiliki oleh setiap Prajurit karena hal ini merupakan tolak ukur prajurit dalam melaksanakan tugas. Namun demikian tidak memaksa bagi anggota yang tidak mampu melaksanakan karena sakit, tetapi yang perlu diperhatikan adalah sebelum melaksanakan harus dicek kesehatannya oleh anggota Kesehatan yang ada di lapangan serta prosedur yang lainnya sesuai petunjuk pelaksanaan kesamaptaan yang di keluarkan oleh Dinas Jasmani TNI AD.


Kegiatan semapta periodik yang diikuti oleh seluruh prajurit Bintara, Tamtama dan PNS. Rencananya semapta periodik ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari secara berurutan mulai tanggal 23-24 Oktober 2018. Adapun yang dilaksanakan dalam Tes Kesegaran Jasmani adalah Lari dengan jarak tempuh 3200 meter (samapta A), Pull Up selama 1 menit, Sit Up selama 1 menit, Push Up selama 1 menit dan shuttle run secepat-cepatnya (semapta B), dan dilanjutkan denga Tes Renang 50 meter (Samapta C) Untuk menentukan jumlah nilai samapta B adalah jumlah dari nilai-nilai samapta B dibagi 4. Dari nilai hasil keseluruhan tes Kesegaran Jasmani (samapta A+B) ini di bagi dua dan mendapatkan nilai akhir yang akan digunakan sebagai dasar penilaian samapta periodik. Pelaksanaan semapta periodik dilaksanakan 2 kali dalam setahun, hal ini untuk menguji kemampuan jasmani para prajurit dan PNS TNI. (Pendim 0714)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar