Latest News

INSPIRASI USAHA OLAHAN PISANG DENGAN HASIL YANG MENJANJIKAN



Salatiga - Pisang termasuk buah yang mengandung vitamin A. Di Masyarakat desa Bonomerto Buah ini sangat di gemari oleh masyarakat dan mudah di peroleh di mana pun, karena budidaya yang mudah dan harga buah pisang relatif murah.  Di Desa Bonomerto Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang masih banyak terlihat pohon pisang di kebun-kebun warga.

Ditangan  Miati (37) salah satu warga Dusun Mesu buah pisang yang berdaya jual rendah berubah menjadi barang olahan yang berdaya jual tinggi. Miati  merupakan pengusaha kecil yang mengolah buah pisang menjadi  beragam olahan kue, jus, makanan ringan dan lain-lain. Olahan pisang yang menjadi primadona dimasyarakat  yaitu kripik pisang.
Disela – sela percakapanya dengan Serda Slamet Miati mengatakan “Saya dalam  pembuatan olahan pisang memodifikasi kripik pisang dengan berbagai rasa: original, asin, manis, coklat dan lain sebagainya  belajar secara otodidak ( belajar sendiri ). Saya belajar mulai dari memilih bahan hingga pengolahanya”  Jenis pisang yang di olah menjadi kripik yaitu ada 2 jenis yaitu Pisang Kepok dan Pisang Raja Nangka dipilihnya jenis buah tersebut karena buah tersebut mudah di olah menjadi kripik dan mudah di dapat dari kebun warga. Imbuhnya

Menurut Serda Slamet Rahardjo, usaha kecil Miati ini bisa menjadi inspirasi buat ibu-ibu warga Bonomerto untuk menopang perekonomian keluarga. Mereka bisa mengikuti jejak  Miati yang dapat memanfaatkan bahan baku yang sudah tersedia , murah dan mudah didapat  diolah menjadi sebuah olahan yang berharga tinggi dengan modal yang kecil" ungkap Sersa Slamet Rahardjo. Kamis (19/07)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar